Friday, February 17, 2012

Turing | Tutorial Ringan: Tentang HTML iFrame Tag

Assalamu 'alaikum, sob! Kata salah satu sobat, malem ini adalah malem minggu. Malming, kalo nenek gue bilang! [ gaul ya, nenek gue? :r ] Nah! Daripada elo pusing gak ada yang ngajak hanging atau checking, mending elo turing ama gue, cing! ;) Abis seharian gue hiking di sawah bapak gue, bisa elo bayangin betapa capeknya gue. Atau gak usah elo bayangin, deh! Bikin rusak acara malming elo aja. :p



Di kampung gue, sekarang lagi musim tanem bawang merah. Di sawah bapak gue yang luasnya cuma 1 mil2 itu, gue berkubang di air lumpur yang suhunya bisa nyampe 15°C. Belum lagi gue mesti geli-geli basah ngatasin lintah, cacing, kodok ijo, nyamuk, anggang-anggang dan warga ekosistem sawah lain yang membelai mesra tubuh gue #gidik.





Trus pas badan gue udah GTT [ Gatel Tingkat Tinggi ], gue pun packing alias mengentaskan diri. Trus gue ambil kambing gue dari peraduannya buat gue temen jogging di savana pinggiran sawah. Gue lepas wedhus dkk, biarin aja eating sendiri! [ kan gak etis kalo gue suapin, emang gue cowok apaan? :( ] Nah! Pas momen ini, dengan basah-basah seluruh tubuh dan tiduran di gubug, gue baru bisa ngelayanin elo dan pembeli lain yang nyasar ke lapak gue.

Oke! Tulisan di atas tuh gak usah dibaca! #gakPenting. Dan turing kita kali ini adalah tentang iframe ! Adalah petak-petak kayak sawah [ kok balik ke sawah lagi, sih??? ] yang isinya inpormasi yang bisa berupa halaman web kayak post gue tentang Master of This Mobile Template atau bisa juga diisi Button FB Like kayak di post gue bulan lalu. :r Coba cek contoh skrip iframe di bawah ini:



<iframe align="left" frameborder="1" scrolling="yes" width="430" height="410" src="URL atau kode yang mau elo tampilin!" style="border:1px solid #ccc"></iframe>


Di kode tsb elo bakal nemuin beberapa atribut kayak align, framborder, scrolling, width, height, src, style, border, solid dsb yang pernah gue turing di post tentang HTML BORDER beberapa tahun yang lalu. Do you remember? No? OmaiGaaatt! Ckckck...

So, mumpung gue lagi baek di atas awan, elo gue ijinin ngopas langsung kodenya! Bonusnya elo bisa langsung praktek di lab masing-masing. Cekopas:





Contoh dari gue bisa elo lihat di post sebelum post ini! Udah ya! Yang mau malem mingguan, silahkan malem ini. Yang mau malem senenan, tunggu besok. Yang mau malem selasa'an, besoknya lagi. Yang mau malem jum'atan, masih lama lagi! Oke, sob! :r

Moga Manfaat! Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalam...

23 comments:

  1. deeh yang malem mingguan, makin mantab aja nih turingnya sob, gw lagi nungguin karya elo yang terdahsyat nih, mana, mana, keluarin dong ah :D

    ReplyDelete
  2. tengkyu turingnya sob...bawang ngingetin inyong sama kampung halaman sob:)

    ReplyDelete
  3. @Stupid monkey gak usah ditungguin, sob! karna yg terdahsyat dari ane tu gak ada. mungkin kalo kita kolaborasi bisa tuh! hehdhe

    ReplyDelete
  4. @Si Galau silahkan dicoba, sob! free! :)

    ReplyDelete
  5. @Muro'i El-Barezy emange kampunge rika ning ndi, kang? ;)

    ReplyDelete
  6. klo urusan edit html saya gak ngerti2 mas
    Saya tanyain masalah bawangnya aja deh. Tanaman bawang tuh panennya berapa bulan mas? Hahay

    ReplyDelete
  7. wew, koloborasi yah, boleh juga, tapi gw gak bisa ngangon kambing sob, gw bagian liatin ajeh ya, hahay :D

    ReplyDelete
  8. @Istighfarin.com kalo bawah merah gak pake bulanan, sob! paling cuma 55 hari ampe 70 hari dah siap panen! hehehe

    ReplyDelete
  9. @Stupid monkey jgn diliatin donk! malu euy... bhahaha

    ReplyDelete
  10. aku gak mudeng bang. . . .

    ReplyDelete
  11. @Susu Segar yg mana yg gk mudeng, bang! ;)

    ReplyDelete
  12. Terimakasih utk tipsnya sapa tau bsa di pasang kapan2 hehe tapi minta jatah ya pas panen bawang nanti. Bawang itu identik dengan kota brebes jawa tengah. Kamu asal jawa tengah kah?

    ReplyDelete
  13. @Yayack Faqih sama2, sob! moga manpaat tipnya! ane dari kendal, jateng! hehehe

    ReplyDelete
  14. siep gan, , , kunjungan pagi . .

    ReplyDelete
  15. pertamax bos..lam kenal ya..hari ini no coment aja y..

    ReplyDelete
  16. @Arief Rachmadi makasih, sob! diterima dg senang hati kunjungannya... hehehe

    ReplyDelete
  17. @harimausumatera lam kenal juga, bos! ane juga no coment ah... bhahaha

    ReplyDelete
  18. tanahx luas nian sob..! *smile

    ReplyDelete
  19. @Rohis Facebook gak luas itu mah, kang! sempit... ;)

    ReplyDelete
  20. wkwkwkwkwkwkwkwkw mengentaskan diri alias packing. . .
    bocah ig jan =)) =))

    ReplyDelete
  21. @Kaito Kidd lhah, dibilangin bagian atas jangan dibaca! jan dibaca juga! bhahaha

    ReplyDelete
  22. nice inpoh gan..salam kenal :-)

    ReplyDelete