Elo Disini:: Home » » » Siapa Muhrim | Siapa Bukan Muhrim ?

Siapa Muhrim | Siapa Bukan Muhrim ?

together

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Tentu aja masih dalam suasana khidmat Tahun Baru Muharram 1434 Hijriah! :) Gak perlu lah kita pesta pora dan jingkrak-jingkrak ala count down tahun baru Masehi. Cukup dengan lantunan Do'a Akhir Tahun dan Awal Tahun yang kita ucapin di munajat semalem. Tapi gak cukup dengan instropeksi hening tentang apakah dosa atau amal yang nambah di kehidupan kita selama setahun ini? Apakah kita cukup beruntung karna kita ngerasa lebih baek dari tahun ke tahun? Ataukah kita cukup bangga walopun cuma jadi orang yang merugi?

Bicara tentang Tahun Baru pastilah gak lepas ama yang namanya pesta, kembang api, mercon, konser, huru-hara, berbaurnya cewek ama cowok, khowat, ikhtilat, count down dll! Walopun di hari-hari berikutnya ala artis sinetron, dengan gampangnya kita nyeletuk, “eh! Bukan muhrim, ea...” dsb tanpa tau arti dan eksistensi kita dalam ucapan tsb. Entah perkataan itu dalam rangka bercanda atau sekedar jadi bahan lawakan, silahkan elo nanya ama creative OVJ! Sebenernya apa yang pengen gue bahas? Sementara di draft gue udah ada Qowa'idul I'lal karya Syekh Mundzir Nadzir dari Kertosono, Al-Qur'an surah An-Nisa' ayat 23 dan Fathul Qorib bab Munakahat sebagai bahan referensi coretan kali ini. :)

Muhrim atau Mahram ?

Ini tentang Qowa'idul I'lal (pembentukan kata), mana yang sering kita ucapin dan mana yang bener? Udah banyak kok artikel yang ngebahas tentang ini. Gue cuma mo nambahin dari segi asal katanya aja! Yang pertama kata “muhrim”! Kata “muhrim” berasal dari bahasa Jerman (trus elo yang di belakang tereak, “hoi, arab cuy, arab...!”#sambil ngelempar martabak) yaitu kata “muhrimun” yang merupakan bentuk isim fa'il (subject) dari fi'il madzi (past form) “ahroma” yang fi'il mudhori' (present form) -nya adalah “yuhrimu”. Kalo kita tarik lagi turunan katanya, maka kita bakal nemuin mashdar “ihroman” yang artinya “hal pengharaman” atau suatu pelarangan”. Yang paling umum dipake dan kita denger adalah kalimat “takbirotul ihrom: takbir pengharaman” yang artinya dimulai dari takbir ini, kita haram ngelakuin apa aja yang ngebatalin sholat.

Kata “ihrom” berarti juga sengaja buat ngelaksanain ibadah haji atau umroh. Di Al-Qur'an disebutin, kalo berhaji diharamin (di-ihrom-kan) ngelakuin perbuatan rofats (ngomong jorok), fusuq (bikin dosa) dan jidal (bantah-bantahan).

Nah! Kalo kita terusin lagi turunan kata “ahroma – yuhrimu – ihroman” maka kita bakal ketemu ama bentuk “fahuwa muhrimun” yang berkedudukan sebagai isim fa'il atau subyek. Yang bisa berarti “orang/sesuatu yang mengharamkan”. So, bisa kita tarik kesimfulan kalo kata “muhrim/muhrimun” artinya adalah orang yang berihrom dalam ibadah haji sebelom bertahallul. ;)

Trus gimana ama kata “mahram (baca: mahrom) ? Berasal dari kata “mahromun” yang merupakan turunan dari akar kata “haroma – yahrumu”. Beda ama kata “muhrim” yang berkedudukan sebagai subyek, maka kata “mahrom/mahromun” ini pangkatnya adalah sebagai isim keterangan (bukan obyek) yang artinya “sesuatu yang diharamin (buat dinikah). Well! Ini dia yang bener! Eh, gak ding! Semuanya bener, tinggal liat konteks dan situasinya aja, kapan dan dimana elo kudu ngucapin ini itunya!

So, elo-elo yang cewek, kita bukan muhrim, kan? Ya iyalah ! Kita kan gak lagi ngelaksanain ibadah haji! Bhahaha, tapi yang pasti kita bukan mahrom! Kecuali yang baca ini adalah mahrom gue kayak yang disebutin di bawah ini.

Siapa Mahrom Gue ?

Gue cuma pengen nulisin terjemahan surah An-Nisa' ayat 23! Kalo elo kurang jelas, elo boleh nyari referensi laen. Cari aja di gugel! Kata Mimi, “huu.. ustad potokopi!” siapa juga yang bilang gue ustad? Karna setiap apa yang gue tulisin itu gak ada maksud menggurui apalagi mengustadi!!! :) Yang pertama adalah mahrom atau haram dinikah karna nasab atau keturunan. Kayaknya ada 7, sob! Coba elo cek sendiri!

“Diharamin buat kamu (nikahin)[1] ibu-ibumu, [2] anak-anakmu yang perempuan, [3] sodara-sodaramu yang perempuan (adik, kakak) [4] sodara-sodara bapakmu yang perempuan, [5] sodara-sodara ibumu yang perempuan (bibi, tante, budhe, bulik), [6] anak-anak perempuan dari sodara-sodaramu yang laki-laki, [7] anak-anak perempuan dari sodara-sodaramu yang perempuan, ...”

Mahrom yang kedua adalah haram dinikah karna sepersusuan. Sepakat 'ulama nyebutin 7 mahrom karna keturunan otomatis masuk dalam kelompok mahrom susuan. Dengan tambahan An-Nisa': 23

“Dan [1] ibu-ibumu yang nyusuin kamu, dan [2] sodara-sodara perempuan sesusuanmu...”

Mahrom yang terakhir adalah haram dinikah karna adanya perkawinan.
S
“Dan [1] ibu-ibu istrimu (mertua), [2] anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang udah kamu campuri, tapi kalo kamu belom campur ama istrimu itu (dan udah kamu cerai) maka gak dosa kamu (nikahin anak tiri tadi), [3] istri-istri anak kandungmu (menantu), dan [4] (diharamin) ngumpulin 2 perempuan yang bersodara (dalam pernikahan), kecuali yang udah terjadi di masa lampau...”

Sequel of Broken Is Continued | Case [Never] Solved

Menurut sebuah tafsir yang gue dapet, selaen yang disebutin dalam An-Nisa': 23 di atas adalah bukan mahrom alias halal dinikah. Kayak yang gue singgung di ModiFiction Broken Is Continued gue kemaren. Anak perempuan dari sodara laki-laki atau perempuan Bapak/Ibu (anak dari om/tante, pakdhe/makdhe, paklik/bulik) itu bukan mahrom. Jadi gak problem kalo gue nikahin Sherly anaknya Makdhe Cindy, kan? Tapi masalahnya, itu tabu banget di adat tradisi kampung gue! Karna kan anak pakdhe/makdhe kita itu kebilang masih sodara deket banget! Ya gak, sob? Padahal di adat keluarga keturunan arab, berjodoh ama yang deket-deket tuh udah biasa banget. Malahan itu yang dicari! Sebagian orang bilang, orang Arab begitu biar nasab mereka gak jauh-jauh atau harta mereka gak nyebar kemana-mana. Padahal itu kan gak nyalahin Al-Qur'an!

Yah, namanya juga adat istiadat! Ngomongin itu adalah hal yang tabu. Gimana buat ngeyakinin mereka? Kalo gue coba jelasin, malah mereka nganggep gue keminter (sok pinter) sambil bilang, “Anak kecil ngerti apa, sih?!” Jyahahaha, lagian mana ada anak kecil minta kawin kayak si eksak? 

"... sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Q.S. An-Nisa': 23] 

Oke deh, sob! Segitu aja! Elo bilang, “Itu sih masalah elo, eks! Egp deh ach...” :p Apalagi elo yang lagi nikmaktin wiken panjang … Buat elo, 'met berwiken ria aja! Salam buat keluarga tercinta elo! Salam juga buat orang yang lagi elo taksir! :) Sanah jadeed, hayya jadeed, 1434 H! Happy Blogging 'n Keep On Fire!

Wassalaam... ;)



 

87 komen:

  1. iya memang sering salah kaprah dalam memahami antara muhrim dan mahram :)

    selamat berakhir pekan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya mbak...
      Met wiken juga ea... ;-)

      Delete
  2. sy suka bahasa lo sob walaupun pake lo-lo gw-gw jelas penjelasanx! *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, afwan kalo banyak gak berkenan Sob! ;-)

      Delete
  3. berasa gimana gitu, kalo gue baca postingan ello sak, semacam bergidik-gidik gitu gue nya :P hahahahaha, oke lah tulisan yg pinter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bergidik-gidik, kang? Ngeri, ea... Bhahaha

      Delete
    2. wah,ada tambahan kata baru nih...tergidik-gidik! baru dengar tuh! hahahhaa!

      Delete
  4. wah mantap,ni jdi tau apa itu muhrim. trmkasi genk dah berbagi

    ReplyDelete
  5. kok susah bgt komen sak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, gue juga susah mo ngereply, boz! :-P

      Delete
  6. kitab'e tasrif di buka maning.....
    Wis bnr po drg kui
    mosok kata ''mahrom'' kok asale seko ''haruma yuhrimu''

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diwaca maning, om! Yo ra mudeng benere opo? Tapi kata2 haruma kok gak ono ning dhuwur? Nek iso mbenerke yo malahane...

      Delete
  7. waaah ikutan nylonong mas broo... i like it wisss wkwkwk

    ReplyDelete
  8. ngaji nih? hihih~
    dah kaku nih otak soal sorof :D
    yang jelas, si Kakak itu muhrimku lah :D
    ndang gih, si Sherly di ajak taarufan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kalo masalah ta'arupan aja nyambungnya si jiah, nih...! :p

      Delete
  9. suka gaya bahasannya, jadi berasa gak diguruin nih Om :D

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat nih mas bahasannya

    sekarang saya lagi rajin ngumpulin siapa nanti yang jadi mahram mas, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, oke tuh! kalo dah terkumpul banyak, bagi2 ea... :0

      Delete
  11. misalnya kita nggak tau kalo itu ternyata sodara sepersusuan gimana, kang?
    misalnya saksi2 yang mengetahui kalo si Andi ternyata pernah disusui oleh ibunya si Noorma, yang tau ibunya noorma dan ibunya andi, naahh.. kedua ibu2 ini meninggal.. posisi saat disusui masih bayi..
    itu gimana?

    terus.. berlakunya mahrom itu, maksudnya sodara sepersusuan tidak boleh kawin itu diukur dengan apa?
    misal.. apa satu tetes asi yang masuk itu sudah termasuk??

    ReplyDelete
  12. Tulisan yang santai tapi detail bgt, tulisan yang mencerahkan.

    #Mantaf.

    ReplyDelete
  13. Hm... begitu rupanya.... thanks for the article bro! met malam, pasti loe dah tidur nih yaaa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua belom tidor, al... :p

      Delete
  14. waduh. ilmu sorofnya keluar, mantap nie gan. oh ya, dari data di atas berarti yang namanya sepupu sebenarnya bukan termasuk mahrom ya, itu juga halal di nikahkan secara hukum agama. bukan begitu? mungkin secara hukum budaya tidak boleh ya, masa tega aja.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tega gimana maksudnya, sob?!

      Delete
  15. alhamdulillah, suka cara bahasannya, enak bacanya. salam kenal mas :)

    ReplyDelete
  16. muhrim - mahram, silaturahim - silaturahmi, Aamiin - Amien, Minal 'aidin wal faidzin, dsb.nya, yaa mungkin orang Ind emang kreatif kali yaa makanya jadi begitu, wong takjil aja sekarang diistilahkan sebagai makanan buka puasa :D

    ReplyDelete
  17. saudara sepersusuan hara utk di nikahi, masalahnya skrg udah mulai wajar yg namanya donor ASI ya.. Berarti hrs tau siapa yg mendonorkan ASI bagi anak2 kita..

    ReplyDelete
  18. makash bang Eksak,
    aku akhirnya kesini juja.. lama nih..
    eh skinnya gantinya?
    Mmperingati Gaza kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, gimana kabarnya, nur?

      Delete
  19. Share yang sangat bermanfaat Sob. Thanks

    ReplyDelete
  20. aduuuh jadi banyak darah begini yak ....
    pakabar sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sak gue mau nobar bareng di semanggi sama Nufa n Naya Belo tgl 25 besok. mau mikut kagak? gue bingung mau ngajakin siapa lagi..

      Delete
    2. wah, telat gue... ;(

      Delete
  21. hayyyaah, cepetan aja terangin hukum ini ke emak ama bapak. Siapa tahu ntar bakalan direstuin buat nikah ama mbak Sherly. Itu juga kalo mbak Sherly-nya mau ama kamu bro. nyehehehe...
    :P

    ReplyDelete
  22. ilmu yang manfaat nih sob

    ReplyDelete
  23. jempol dah.
    pencerahannya mantab.

    ReplyDelete
  24. suatu pelurusan ne..asik..thanks

    ReplyDelete
  25. Sik panen opo kang? gak tau ketok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rung panen, kang! iki meh dereb! bhahaha

      Delete
  26. Nice post sob..:)
    jangan lupa kunjungi juga sahabat mu ini bro..:)

    ReplyDelete
  27. postingan muslim gaull
    keren cueeyyy ^_^

    ReplyDelete
  28. hmm menarik nih izin baca ya:)
    emm dan kunjungi juga ya blog ku:D

    ReplyDelete
  29. Waaah postingan sebulan lalu nih.
    Lama gak update?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nih bu! lagi semedi.. hihihi

      Delete
  30. numpang ngaso dlu sebelum bewe ke tempat lain.........

    3 jam kemudian.......

    ealahh ga sopan ni yg punya rumah, ga disuguhi apa2. Huuh!!

    ReplyDelete
  31. wah makasih ya komplit sekali pencerahannya..:)

    ReplyDelete
  32. Nice posting, maaf cuma kunjungan rutin aja :D

    ReplyDelete
  33. Makasih sob, saya jadi dapet pencerahan nih, sukses ya !

    ReplyDelete
  34. o.. Ngunu to....meh podo karo ngajiq nek ploso... Hohohoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasane plosonan ning endi, kang?

      Delete
  35. nongol nitip salam aja sob yg jelas sy jg ikut baca...hee

    ReplyDelete
  36. Komentku ilaaaaang.
    Wislah... pokoke maturnuwun ilmune. Tak bolan baleni lehe moc ki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah diselehke ning ndi kok ilang?

      Delete
  37. susah emang anak muda jaman sekarang untuk tidak pacaran mah :\

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps, bener banget! ckckckck

      Delete
    2. yaps, bener banget! ckckckck

      Delete
    3. yaps, bener banget! ckckckck

      Delete
  38. mantap dah gan,, nambah lagi ilmu gue.. ternyata gue salah artiin muhrim itu,, :D

    ReplyDelete
  39. sering bonceng cewek yang bukan muhrim. heheh

    ReplyDelete